Ruang Muslimah
Inspiring and Educating Muslim Woman

Lulus Sekolah, Mau Ngapain?

0

Oleh : Newisha Alifa, [email protected]

Jangan kalian pikir, setelah masa UN, masa penantian menjelang pengumuman, kemudian hari pengumuman itu tiba, maka perjuangan dalam hidupmu selesai. Tidak sama sekali! Justru lulus SMA atau pendidikan setara SMA lainnya, adalah fase awal kehidupanmu yang baru. Dan hal tersebut mestinya sudah dipersiapkan dari jauh-jauh hari. Yups! Abis lulus, mau ngapain?

Umumnya—terutama di Sekolah Menengah Kejuruan, topik yang hangat dibicarakan oleh siswa-siswi kelas dua belas adalah, tiga pilihan di bawah ini nih:
KKN >> Kuliah? Kerja? Nikah?

Latar belakang keluarga yang beraneka ragam, tentunya mempengaruhi keputusan seorang remaja dalam meneruskan hidupnya pascalulus sekolah.

Untuk keluarga yang memiliki finansial berlebih, maka kemungkinan besar si anak akan melanjutkan pendidikan ke bangku kuliah. Nah, kalau orangtua merasa tidak sanggup untuk membiayai kuliah sang anak, sementara putra-putrinya masih mau jadi mahasiswa/i, bekerja untuk mengumpulkan uang supaya bisa kuliah adalah pilihan yang sering diambil oleh para remaja yang punya daya juang tinggi!

Yang terakhir, atas beberapa pertimbangan, misalnya karena khawatir anaknya terjerumus dalam pergaulan bebas, tidak sedikit orangtua yang memilih untuk menikahkan anak perempuannya dengan seorang laki-laki yang dianggap bisa bertanggungjawab menghidupi putrinya tersebut.

Nah … kalo kalian, pilih yang mana?
Terutama buat adik-adik yang perempuan nih. Kalo yang cowok, jarang opsi ketiga itu tersedia, abis lulus sekolah. Hehehe …

Sebenarnya gini, apa pun pilihan dan rencanamu pascalulus sekolah, yang terpenting adalah jelas dan total! Karena jalan hidup orang kan beda-beda. Tinggal gimana kamu menjalaninya dengan baik atau setengah hati. Tentu hasilnya pun takkan sama. Mereka yang serius dengan yang ogah-ogahan dalam mengerjakan sesuatu.

Lulus >> Kuliah >> Kerja >> Nikah
Lulus >> Kerja >> Kuliah >> Perbaikan Karir >> Nikah
Lulus >> Nikah >> Jadi Orangtua di Usia Produktif

Apa yang tertera di atas bukan alur yang mutlak terjadi dalam kehidupan manusia loh yaa. Ada juga yang setelah menikah, tetap bisa kuliah. Tapi jarang dengar sih, kalau yang udah nikah, kuliah abis itu balik kerja lagi. Biasanya perempuan yang setelah menikah, terus masih bisa kuliah, ke depannya akan buka usaha sendiri, alias enggak kerja di perusahaan.

Well …
Semuanya sama-sama baik, dan yang terpenting sama-sama bisa berbuah pahala kalau kita niatkan untuk ibadah dan mendapatkan Ridho Allah. Sebaiknya, mulai dari sekarang kalian sudah tahu, apa yang mau dilakukan setelah lulus sekolah nanti. Diskusikan sama orangtua, baiknya gimana? Supaya, ketika momen kelulusan itu sudah tiba di depan mata, kalian nggak kebingungan dan nggak luntang-lantung hidupnya, nggak jelas mau ngapain.

Duh young men and women …
Masa produktif itu mesti diisi sama hal-hal positif loh. Apalagi buat yang laki-laki nih! Hehhh ingat! Kalian normal kan? Suatu saat kepingin nikah juga, dong pastinya. Ya, siapkan masa depanmu dari sekarang! Jangan banyak nongkrong, ngebulin asep, jarang ke masjid, main di warnet, apalagi sibuk macarin anak gadis orang!

Sekarang sih emange nggak berasa, Boy! Tapi perempuan-perempuan kekinian, bukannya matrealistis tapi realistis. Saat ini bisa bilang i love you, tapi untuk menikah … muka rupawan kaya Leonardo De Caprio aja sih, nggak cukup jadi jaminan calon mertua mau nyerahin anak perempuannya ke kamu!

Ayo dong!
Buktikan bahwa kamu benar-benar anugrah buat kedua orangtuamu! Buat Bapak dan Ibu bangga sudah merawatmu selama ini! Dan ingat, dalam Islam pun, Allah lebih mencintai muslim yang kuat. Tentunya kuat di sini, nggak cuma jasmani doang, tapi berbagai aspek kehidupan lainnya!

Jadi …
Kalau waktu duduk di bangku SD, kalian bisa bebas bercita-cita mau jadi pilot, polisi, dokter … bahkan saya sendiri pernah pingin jadi astronot, maka saat ini, ketika sudah berseragam putih abu-abu, cita-citamu itu mesti lebih spesifik dan realistis lagi!!!

So, usai baca tulisan ini … udah tahu abis lulus sekolah nanti, mau ngapain?[]



Artikel Terkait :

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Loading...

You might also like
Comments
Loading...

Maaf Ukhti Antum Offline

Lewat ke baris perkakas