Ruang Muslimah
Inspiring and Educating Muslim Woman

Tips agar Tidak Mudah Diremehkan Orang Lain

0

Diremehkan orang lain tentu saja menjadi hal yang sangat menyebalkan. Terutama jika orang-orang meremehkan padahal belum melihat bagaimana usahamu dalam berjuang. Apapun yang Anda lakukan, rasanya selalu membuat mereka gatal untuk mengomentari karena tak sesuai dengan apa yang mereka harapkan.

“Ahelah, gitu aja masih tanya?”

Namun terkadang penyebab Anda diremehkan justru karena perilaku sehari-hari yang tidak disadari. Maksudnya sih bikin orang lain senang, tapi yang ada justru malah Anda yang diremehkan. Yuk dipahami lagi apa aja perilaku yang justru buat Anda sering diremehkan ini. Biar Anda tidak terus-terusan dipandang sebelah mata.

1. Tidak harus marah, tapi sesekali bilang aja kalau Anda tidak suka dengan apa yang mereka lakukan

Beda orang, beda pula apa yang dipikiran. Anda tidak harus selalu memaksakan diri untuk menyukai apa yang mereka sukai. Kalau memang Anda benar-benar tidak suka, tunjukkan bahwa Anda tidak suka. Tidak harus marah, tapi bisa Anda tunjukkan dengan ucapan atau sikapmu dalam keseharian.

Mengatakan bahwa Anda “Tidak suka” itu bukan dosa, kok. Sebaliknya, memaksakan diri buat asal menyukai apa yang disukai orang hanya akan membuatmu merugi. Jadi sesekali kumpulkan keberanian untuk menunjukkan bahwa Anda memang tidak suka. Daripada terus diremehkan ‘kan?

2. Banyak-banyak membaca. Biar pengetahuanmu tambah luas dan punya dasar jika Anda didebat mereka

Alasan orang meremehkan seringkali karena kita memang terlihat kurang meyakinkan. Mau berargumen, tapi Anda sendiri ragu-ragu dengan pendapatmu. Failed deh. Jadi, di tengah kesibukanmu yang melelahkan, sempatkan sedikit waktumu untuk menambah pengetahuan dengan membaca. Tak harus ke perpustakaan untuk membaca buku-buku tebal kok, Anda bisa membaca dari banyak media. Mulai dari koran, novel, sampai berita kekinian. Selain menambah pengetahuan, orang yang sering terlihat sedang membaca juga punya aura yang keren lho. Jadi saat didebat orang, Anda tidak jiper karena pengetahuanmu luas.

“Oh, aku bukannya anti sosial. Menurut istilah psikologi aku memang orang yang homebody. Anda tahu kan artinya?”

3. Singkirkan rasa tidak percaya diri. Introspeksi dan perbaiki apa yang buat dirimu jadi tidak pede lagi

Setiap orang pasti memiliki kekurangan masing-masing. Jangan biarkan kekurangan tersebut membuatmu jadi tak percaya diri. Karena bila Anda saja tidak mempercayai diri sendiri, jangan harap orang lain bisa percaya. Menumbuhkan rasa percaya diri kan susah! Memang, tapi Anda hanya perlu berusaha. Salah satunya adalah dengan melihat ke dalam diri dan mencari tahu yang bisa diperbuat dengan kekurangan itu? Kalau pun kekuranganmu memang sudah tak bisa diapa-apakan lagi, ya sudah diterima dengan besar hati.

4. Membiasakan cari tahu sendiri sebelum bertanya pada orang lain. Biar Anda tidak dikira pribadi yang tidak bisa ngapa-ngapain

“Ini gimana sih caranya?”

“Lho kok tidak bisa?”

“Eh, ini aku harus ngapain, ya?”

“Aduh tolongin dong please tolongin…”

Loading...

Kalau ketika kalimat di atas menjadi andalanmu sehari-sehari, jangan heran kalau Anda selalu diremehkan sekali. Banyak bertanya memang baik dilakukan. Namun, kalau Anda keseringan menanyakan hal-hal yang sebenarnya bisa Anda cari tahu sendiri ya jelas saja orang lain kesal. Jatuhnya mereka akan meremehkanmu. Karena itu membiasakan untuk mencari tahu sendiri perlu Anda lakukan mulai dari sekarang. Apalagi sekarang zamannya sudah serba mudah dengan segala kecanggihan. Tinggal ketik dan swipe-swipe, semua informasi bisa Anda dapatkan dalam genggaman. Baru kalau sudah mentok tidak bisa dicari sendiri, mulailah mencari bantuan.

5. Lebih memilih naik ojek online sendiri daripada terus-terusan minta antar teman atau saudara. Dari hal itu kemandirianmu bisa ditumbuhkan

Zaman udah semakin canggih. Kemajuan teknologi kini mampu membantu orang-orang dalam menjalani keseharian. Anda tidak perlu lagi bergantung dengan teman atau saudara meskipun tidak punya kendaraan sendiri. Saat Anda ingin pergi, lebih baik Anda naik ojek online biar tidak terus-terusan dicap sebagai pribadi yang selalu bergantung dengan orang lain. Pasanganmu pun akan lebih menghargaimu sebab Anda menjadi sosok yang tangguh, mandiri, dan bisa mengatasi persoalan sendiri.

6. Berhenti selalu bilang maaf pada sesuatu yang bukan salahmu. Ayolah, mereka akan terus menyepelekan jika Anda terus-terusan seperti itu

Percaya atau tidak, Anda tidak akan bisa menyenangkan hati semua orang. Sebab setiap orang memiliki perbedaan selera dan jalan pikiran. Mungkin Anda cuma tidak pengen bikin orang lain sakit hati, namun terus-terusan minta maaf padahal Anda tidak salah hanya akan buatmu selalu diremehkan. Mulai sekarang, kebiasaan yang satu ini perlu Anda kurangi. Sedikit-sedikit dulu, seperti mengurangi kalimat minta maafmu dari yang panjang, jadi pendek, sampai akhirnya sama sekali tidak ada kata maaf ketika Anda benar-benar yakin bukan Anda yang melakukan kesalahan. []

Sumber: Hipwee



Artikel Terkait :

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Loading...
You might also like

Tinggalkan balasan

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Maaf Ukhti Antum Offline